Loading...
Tips Memasak Bubur
Tips Memasak Bubur
Di post pada: 20 Oktober 2019 22:44  -   Waktu baca: 3 menit

Halo, sobat KURSUS,

Siapa di sini yang suka makan bubur ayaam? Atau mungkin pernah makn bubur hambar yang sering dikasih kalo kalian sakit?

Hhmm, pasti ada yang suka dan ada yang nggak, tapii pasti pernah makan bubur setidaknya saat bayi, hehe…

Tapi ternyata bikin bubur itu ga semudah masak nasi di magic jar langsung jadi, apalagi kalo mau bikin bubur yang beraneka macam tambahannya atau kreasinya..

Nah, maka dari itu tim kursusku udah merangkum berbagai tips cara memasak bubur dari berbagai sumber agar bisa diterapkan, ini diaa:

1. Pilih beras yang tepat dan cuci dengan air mengalir

Pilihlah beras berwarna cerah, tidak berbau, dan pulen, seperti anda memilih beras untuk buat nasi putih. Sebab jika anda pakai beras pera, tekstur bubur akan cenderung pecah dan tidak menyatu dengan baik. Setelah mendapat beras yang sesuai, cucilah dengan air mengalir sebanyak maksimal tiga kali dan tiriskan.

2. Perhatikan takaran air dan garam saat memasak bubur

Umumnya, takaran beras dan air kaldu untuk bubur Indonesia adalah 1:10 atau 1:12. Namun jika kurang yakin, anda bisa menambahkan air kaldunya secara bertahap. Misalnya untuk 75 gram beras, anda bisa masukkan 600 ml kaldu untuk merebus. Kalau berasnya sudah mulai pecah dan melunak, tambahkan lagi air kaldunya hingga kental sesuai selera.

3. Gunakan api sedang (cenderung kecil) supaya teksturnya lebih halus

Merebus beras dengan api besar belum tentu membuatnya cepat matang, ya. Kalau cepat menyusut memang benar, tapi tekstur bubur akan menggumpal kasar. Jadi, rebuslah bubur dengan api sedang cenderung kecil supaya kaldunya menyusut perlahan. Dengan begitu, tekstur bubur juga terasa halus dan bisa matang sempurna.

4. Bubur terus diaduk hingga airnya nyusut

Sama seperti memasak jenis bubur lain, bubur ayam bisa bertekstur kental dan halus jika terus diaduk saat proses rebus. Aduk perlahan dengan sutil hingga biji berasnya pecah dan mengental patinya. Dengan begitu, bubur akan terasa kental dan butiran berasnya menyatu sempurna dengan air kaldu.

5. Sabar

Nah merebus bubur dengan porsi sedang butuh 15-30 menit nih, jadi sobat kursus siap-siap meregangkan otot lengan demi tekstur yang sempurna, ya! [yl]

Ditulis oleh: Admin

Supported By:
Diib2
Metode Pembayaran
Metode
© 2019 - 2020
PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional
HEADQUARTER

Ruang Inovasi dan Inkubasi Bisnis, Gd. ILRC, Lt.2, Universitas Indonesia, Depok

Supported By:
Diib2

KURSUSKU

© 2019 - 2020   PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional