Loading...
Tips Memasak Beras Merah
Tips Memasak Beras Merah
Di post pada: 20 Oktober 2019 22:43  -   Waktu baca: 6 menit

Halo, sobat KURSUS.

Beras merah memang dikenal sebagai beras paling menyehatkan daripada beras lain. Hal ini karena beras satu ini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat, terutama bagi kesehatan tubuh. Meskipun memiliki berbagai kandungan yang baik dan berguna, tapi banyak orang yang mengeluh akan rasa beras merah. Banyak dari mereka mengatakan bahwa rasa beras merah tidak seperti nasi putih yang kita makan selama ini. Memang beras merah memiliki tekstur yang lebih keras, bahkan jika itu tidak dimasak dengan cara yang benar beras ini tidak akan lengket.

Untuk mengatasi masalah ini, ada tips atau cara yang baik dan tepat ketika memasak beras merah. Dimana dengan cara ini memasak beras merah akan menjadi lebih pulen dan tidak keras, sehingga ketika kita makan itu akan merasa enak sama ketika makan nasi putih.

Untuk mengetahuinya, bisa simak langsung tips di bawah ini:

1. Simpan beras merah di dalam kulkas

Beras merah akan menghasilkan rasa terbaiknya setelah disimpan selama beberapa bulan di dalam kulkas. Jika jumlah beras yang disimpan cukup banyak, maka pindahkan dari karung beras ke dalam wadah tertutup yang kedap udara.

2. Jangan menggunakan beras merah yang disimpan terlalu lama

Penyimpanan beras merah yang terlalu lama akan mengeluarkan kandungan minyak di dalamnya dan membuat nasi terasa pahit. Usahakan untuk menyimpan beras merah tidak lebih dari setahun.

3. Rendam beras di dalam air

Sebelum memasaknya, rendam beras terlebih dahulu di dalam air selama kurang lebih 30 menit. Hal ini akan membuat tekstur dari beras merah menjadi lebih empuk. Jumlah air yang dimasukkan juga harus memiliki perhitungan yang tepat, dengan perbandingan 4 gelas air pada setiap 1 gelas beras.

4. Panggang beras

Memanggang beras merah sebelum memasaknya tidak akan mengubah teksturnya, namun justru memperkuat sentuhan rasa kacang dari beras merah. Tumis beras dengan sedikit minyak zaitun, lalu tambahkan air, aduk hingga harum.

5. Jangan langsung menyajikan nasi

Setelah selesai memasak beras merah, biarkan panci atau rice cooker tetap tertutup selama kurang lebih 10 menit agar uap air terserap oleh nasi dan membuat teksturnya ringan dan mengembang. Selain itu, cara ini juga dapat mencegah nasi menjadi lengket dan bergetah.

 

Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Enak dengan Panci:

  1. Pertama yang harus Anda lakukan bila hendak masak beras merah, Anda harus mencuci bersih beras merah yang Anda persiapkan dan Anda akan masak.
  2. Ketika memasak beras merah, Anda diharapkan untuk memasak dengan cara manual atau normal dan tidak menggunakan rice cooker, ini karena tekstur beras merah memiliki perbedaan dengan beras atau nasi putih.
  3. Mempersiapkan Panci yang akan Anda gunakan untuk memasak beras merah. Jika panci sudah siap, Anda dapat langsung memasukkan beras merah yang telah dicuci bersih. Masukan atau menuangkan air bersih dengan perbandingan 1:4. contohnya 1 gelas beras dengan 4 cangkir air.
  4. Sebelum beras dimasak, akan lebih baik jika Anda sedang merendam terlebih dahulu selama sekitar 30 menit.
  5. Jika beras sudah direndam, Anda hanya dapat menyalakan kompor. Kemudian Anda dapat langsung memasak beras.
  6. Aduk-aduk beras merah beberapa saat, kemudian tutup panci agar air mendidih.
  7. Jika air sudah mendidih, kemudian Anda dapat hanya membuka tutup. Memasak nasi dengan menggunakan api sedang sambil diaduk kadang-kadang sampai air benar-benar habis dan nasi setengah matang.
  8. Jika sudah, Anda dapat hanya mengangkat beras dan meniriskannya.
  9. Sementara beras dikeringkan, Anda dapat melakukan langkah-langkah lain. yang harus Anda lakukan, yaitu mempersiapkan alat untuk mengukus beras. Jika alat siap, maka Anda dapat hanya mengukus nasi yang akan dimasak.
  10. Kukus beras sampai benar-benar matang. Jika sudah matang, Anda dapat mengangkatnya.

 

Itulah Resep dan Cara Memasak Beras Merah Agar Pulen dan Enak.

Sekarang sobat sudah tahu Resep dan Cara Memasak Beras Merah yang dapat menjadi referensi, selamat mencoba. [yl]

Ditulis oleh: Admin

Supported By:
Diib2
Metode Pembayaran
Metode
© 2019 - 2020
PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional
HEADQUARTER

Ruang Inovasi dan Inkubasi Bisnis, Gd. ILRC, Lt.2, Universitas Indonesia, Depok

Supported By:
Diib2

KURSUSKU

© 2019 - 2020   PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional