Loading...
Tips Belajar Yang Efektif
Tips Belajar Yang Efektif
Di post pada: 19 Oktober 2019 13:31  -   Waktu baca: 11 menit

Halo Sobat Kursus

Setiap manusia memiliki kewajiban untuk belajar.

Bahkan dari kita dilahirkan, kita telah dihadapkan dengan kewajiban untuk belajar, baik itu dari belajar untuk makan, berjalan, bahkan juga untuk pergi ke toilet, hingga kita besar kita belajar di sekolah dan juga dari lingkungan sekitar.

Belajar memang memiliki arti yang luas banget ya,

Tapi,  kata ‘belajar’ sering identic dikaitkan dengan kewajiban seorang anak sekolah atau mahasiswa sebagai pelajar di sekolah formal.

Nah, bagi teman-teman yang sedang menghadapi kesulitan dalam belajar, entah itu merasa susah untuk menghapal rumus, lebih cepat bosan, mudah ngantuk saat belajar, dan bahkan susah untuk memahami suatu pelajaran tertentu padahal sudah merasa giat belajar, tim kursusku.id ada beberapa tips nih yang bisa diaplikasikan saat belajar

Mau tau? Ini dia:

  1. Rasakan kebutuhan untuk belajar

Rasa kebutuhan untuk belajar akan membuat kita menjadi lebih bersungguh-sungguh dalam belajar. Kesungguhan ini akan membuat kita tidak hanya belajar saat sedang good mood saja, melainkan juga belajar di setiap waktu tanpa merasa berat. Dengan begitu, ilmu yang kita pelajari akan jadi lebih mudah meresap ke dalam ingatan.

  1. Belajar ditempat-tempat yang kita suka

Memilih tempat belajar yang disukai tentu akan membuat sobat kursus semua senang dan merasa nyaman untuk belajar. Dengan memilih tempat yang nyaman, kita turut membantu menata mood kita menjadi lebih baik sehingga belajar pun menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Kamu bisa kok belajar di luar kamar dan tidak harus di atas meja belajar, bisa di ruang tamu, di lantai, di ruang makan, bahkan di atas tempat tidur. Ssttt… tapi jangan sampai ketiduran yaah.

  1. Cicil pelajaran sedikit demi sedikit

Jangan belajar terlalu banyak pelajaran dalam satu waktu. Sebaiknya, pelajaran dicicil sdikit demi sedikit. Maka dari itu, ada baiknya kalau sobat kursus belajar setiap hari, misalnya dengan mengulang kembali pelajaran yang kita terima di hari tersebut. Cara ini tentu lebih efektif dibandingkan kita mempelajari semua pelajaran dalam waktu yang singkat, biasanya saat menjelang akan ujian sekolah. Belajar dengan SKS alias ‘Sistem Kebut Semalam’ hanya akan menimbulkan tekanan secara psikologis sehingga ilmu pun akan sulit kita serap dengan baik.

  1. Berdiskusi

Setiap orang punya style belajar sendiri. Ada orang yang menyukai belajar sendiri di tempat sepi, eittss,,, tapi jangan salaah! ada juga orang yang lebih menyukai belajar berkelompok dan beramai-ramai. Jika sobat kursus masih belum mengetahui style belajar kalian, gak ada salahnya kalau sobat kursus mencoba untuk berdiskusi dengan teman untuk bertukar pikiran dan juga bertukar materi pelajaran. Nah, kalau dengan cara itu sobat kursus  merasa nyaman dan lebih mudah memahami pelajaran, maka berdiskusi dengan teman bisa menjadi cara belajar yang efektif untuk sobat kursus.

  1. Cari cara yang membantu konsentrasi

Seperti yang dijelaskan di atas, cara belajar orang itu sangaat berbeda-beda, begitu juga dengan cara belajar para sobat kursus. Jika kalian suka mendengarkan music dan merasa lebih mudah untuk fokus dengan diiringi musik, jangan ragu untuk belajar sambil mendengarkan musik.

  1. Jangan malu bertanya

Para sobat kursus di sini jangan malu untuk bertanya yaa…? Kita kan belajar karena kita memang belum tahu tentang ilmu tersebut, jadi tidak ada alasan untuk malu bertanya karena takut dicap sebagai orang bodoh.

  1. Coba terus

Kalau sobat kursus pernah merasa bingung, kenapa  teman yang lain bisa dengan cepat menghapal atau dengan mudahnya memahami suatu materi, sedangkan kenapa kalian kok selalu gagal dan tidak mengerti sama sekali?

Jangan sedih! Semua itu bisa terjadi karena cara atau style kalian berbeda dengan teman kalian itu. Jangan menyerah dan coba terus berbagai cara untuk akhirnya mengetahui cara belajar kalian yang efektif. Jangan lupa juga mengulang pelajaran untuk memaksimalkan belajarmu, belajar sebentar namun sering Semangat yaa…!!

  1. Jangan lupa istirahat

Ini disebut juga teknik PODOMORO. Atur timer selama 25 menit untuk waktu sobat kursus belajar. Kemudian ketika timer berbunyi, gunakan waktu 5 menit untuk break atau istirahat agar pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Pemberian jeda tersebut juga dapat memberikan kalian motivasi supaya tidak bosan dan jenuh dalam belajar. Setelah 5 menit beristirahat, set kembali timer selama 25 menit kembali dan mulai belajar kembali dan seterusnya.

Tidur dan istirahat yang cukup juga merupakan hal yang vital dalam menyimpan informasi di dalam otak. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa mahasiswa yang istirahat dengan cukup pada malam harinya dapat mengingat bahan pelajaran sebesar 35% lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar pada pagi hari dan melakukan tes di malam hari tanpa tidur diantaranya. Jadi, sobat kursus jangan lupa istirahat yang cukup yaa…

Ketika kamu sedang tidak mood untuk belajar, lakukan sesuatu yang dapat mengembalikan mood-mu. Jadi, belajarlah tanpa ada paksaan baik dari orang lain ataupun suatu hal.

  1. Manfaatkan fasilitas yang ada

Di zaman sekarang, fasilitas belajar yang tersedia tidak hanya berupa buku pelajaran atau buku kumpulan soal dari sekolah. Kini, kita bisa belajar dari internet, video, hingga televisi yang menyediakan tayangan edukatif. Manfaatkan semua fasilitas ini sebagai pendukung proses belajar para sobat kursus. Biasanya, materi pelajaran yang disediakan di internet, video atau tayangan edukasi telah dikemas semenarik dan sesederhana mungkin sehingga kita akan lebih tertarik dan mencerna materi yang diberikan.

  1. Selesaikan Hal Sulit Duluan

Ketika sobat kursus telah menyelesaikan hal lebih sulit, perasaanmu akan menjadi lebih baik, tenang dan percaya diri pada hari tersebut. Selain itu, kalian juga akan termotivasi untuk menyelesaikan hal-hal lain yang relatif lebih mudah.

  1. Membuat review atau peta materi

Coba deh untuk memetakan materi, misalnya dengan membuat peta konsep atau overview dari materi atau disebut juga mind mapping. Membuat review juga akan memudahkan sobat kursus untuk memahami intisari dari materi. Selain lebih simple, sambil membuat review atau peta konsep kita juga membaca dan menulis materi yang kita pelajari.

  1. Latihan soal

Mengerjakan latihan soal yang sedang dipelajari akan membantu kita mengukur sejauh mana pemahaman kita atas materi tersebut. Dengan demikian, kita bisa menilai di bagian mana kita harus meningkatkan belajar dan bagian mana kita telah menguasainya.

  1. Berdoa

Last but not least, cara supaya hasil belajar sobat kursus jadi lebih efektif adalah dengan berdoa. Selain membuat hati menjadi lebih tenang, berdoa juga merupakan pelengkap usaha kita dan membuat ilmu yang kita dapat menjadi berkah dan bermanfaat. Seperti pepatah, tidak ada usaha yang sempurna tanpa diiringi doa. Jadi, jangan lupa berdoa yang sobat kursus …!

 

Nah, jadi itu dia tips belajar yang efektif versi kursusku.id, semoga bisa diaplikasikan dengan baik dan semoga hasilnya memuaskan.

Salam kursus !!!

Ditulis oleh: Admin

Supported By:
Diib2
Metode Pembayaran
Metode
© 2019 - 2020
PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional
HEADQUARTER

Ruang Inovasi dan Inkubasi Bisnis, Gd. ILRC, Lt.2, Universitas Indonesia, Depok

Supported By:
Diib2

KURSUSKU

© 2019 - 2020   PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional