Loading...
Tips Agar Saat Memasak Santan Tidak Pecah
Tips Agar Saat Memasak Santan Tidak Pecah
Di post pada: 19 Oktober 2019 13:39  -   Waktu baca: 3 menit

Halo sobat KURSUS,

Hal yang jadi ciri khas dari Indonesia selain orang-orangnya yang ramah dan tempat wisata alamnya yang indah, adalah makanannya. Makanan khas Indonesia memang sangat beraneka ragam dan sulit untuk ditolak dan dilupakan.

Nah, dari berbagai masakan Indonesia, ada banyak masakan yang menggunakan santan, seperti opor ayam, lontong, soto betawi, hhmm apalagi yaa? Wah pokoknya banyak sekali deh!!

Nah bagi para ibu muda ataupun teman-teman yang ingin memasak makanan yang berbahan santan, yang menjadi masalah utama adalah bagaimana agar santan tidak pecah, karena seringkali dengan penanganan atau cara yang salah, santan bisa pecah saat pemanasan atau perebusan dan akhirnya tidak dapat digunakan untuk memasak.

Nah kali ini tim kursusku.id sudah memilih dan mengumpulkan tip dan cara-cara jitu agar santan tidak mudah pecah saat dimasak.

Mau tau? Ini dia!

  1. Setelah santan dimasukkan, aduk terus masakan kamu sampai mendidih. Siap-siap pegel ya tangan dan lenganmu. Pengadukan yang tidak konsisten (sebelum mendidih) akan membuat santan memisah atau pecah.
  2. Setelah memasukkan santan kental, pastikan api kompor dalam posisi kecil-sedang. Api yang terlalu besar akan membuat santan lebih mudah pecah.
  3. Jika menggunakan dua jenis santan dalam suatu masakan yaitu santan kental dan encer. Masukkan santan encer terlebih dahulu dan masak bersama bumbu dan bahan makanan hingga mendidih. Setelah itu (tahap terakhir) baru masukkan santan kental. Jangan lupa sambil terus diaduk seperti penjelasan poin 1 dan 2 yaa sobat kursus…
  4. Kamu bisa menambahkan sedikit tepung beras dalam santan murni atau kentalmu, aduk hingga merata. Baru kemudian masukkan dalam masakan. Cara ini bisa meminimalisir santan menjadi gampang pecah.
  5. Masukan sendok stainles ke dalam rebusan masakan santan, biarkan didalam kuah hingga proses masak selesai. Nah cara ini mungkin terdengar unik dan agak aneh, tapi sudah banyak yang mencobanya dan menjadikannya sebagai tips loh, jadi tidak ada salahnya kan dicoba.
  6. Gunakan santan instan atau siap pakai. Ini nih cara paling simpel dan jarang kejadian santan pecah. Hal ini disebabkan santan instan dalam kemasan sudah ditambahkan bahan penstabil (emulsifier) sehingga ketika dimasak dia akan tetap atau stabil konsistensinya.

Nah, itu dia Tips Agar Saat Memasak Santan Tidak Pecah versi kursusku.id, semoga bisa diaplikasikan dengan baik dan semoga hasilnya memuaskan.

Salam kursus !!!

 

Ditulis oleh: Admin

Supported By:
Diib2
Metode Pembayaran
Metode
© 2019 - 2020
PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional
HEADQUARTER

Ruang Inovasi dan Inkubasi Bisnis, Gd. ILRC, Lt.2, Universitas Indonesia, Depok

Supported By:
Diib2

KURSUSKU

© 2019 - 2020   PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional