Loading...
Tips Agar Jengkol Empuk Dan Tidak Pahit
Tips Agar Jengkol Empuk Dan Tidak Pahit
Di post pada: 20 Oktober 2019 22:39  -   Waktu baca: 4 menit

Halo, sobat KURSUS.

Siapa di sini yang suka makan jengkol niih, mimin juga suka sih makan jengkol, asal jangan sampai mabuk jengkol, hihihi…

Jengkol bila diolah dengan tepat bakal bisa jadi hidangan yang enak dan lezat. Cuma masalahnya kadang rasa pahit jengkol bisa sangat merusak kelezatannya. Apalagi kalau teksturnya masih keras, pastinya bakal kurang nikmat disantap ya.

Nah, ini dia tips-tips yang bisa digunakan agar jengkol yang dimasak tidak pahit dan jadi empuk banget untuk dimakan, disimak yaa:


1. Rendam dengan air es

Untuk menghilangkan baunya, jengkol bisa direndam dengan air dingin atau air es selama semalaman. Bisa juga direndam dengan air kapur sirih atau susu. Cara ini diyakini bisa menghilangkan bau tak sedap jengkol dan menetralisir rasanya.

2. Kupas sampai bersih

Selaput pada jengkol harus dibuang dan dibersihkan sampai tuntas. Soalnya sedikit saja kulitnya tidak bersih, maka bakal mempengaruhi rasa jengkol dan jadi pahit saat diolah.

3. Pipihkan terlebih dahulu

Sebelum dibumbui atau diolah, jengkol bisa dipipihkan terlebih dahulu. Tujuannya agar nanti bumbu cepat meresap dan olahan jengkol bisa terasa lebih sedap.

4. Rendam dalam air cucian beras

Setelah mencuci bersih jengkol bisa direndam di air cucian beras, selama satu malam sebelum dimasak. Hal tersebut guna mengeluarkan zat yang menyebabkan aroma khas dari jengkol sebelum dimasak.

5. Rebus dengan daun jeruk purut

Rebus jengkol dengan menambahkan daun jeruk perut secukupnya. Daun jeruk purut yang diiris bisa digunakan untuk membantu menetralisir bau jengkol.

6. Rebus dengan daun jambu biji

Alternatif lain yang bisa dicoba adalah merebus jengkol dengan menambahkan daun jambu biji. Setelah selesai direbus, air bekas rebusan dan daun jambu biji bisa dibuang.

7. Rebus dengan daun salam

Untuk mengurangi bau tajam jengkol bisa direbus dengan menambahkan daun salam. Dengan cara ini, rasa pahit bisa berkurang dan bau tajam jengkol bisa berkurang.

8. Rebus dengan kopi

"Sebelum dimasak dengan bumbu, coba rebus dulu dengan kopi bubuk tanpa gula. Satu jam saja dengan api kecil, nanti aromanya lumayan ternetralisir," terang Leo

9. Menggunakan bumbu beraroma kuat

Menggunakan rempah yang beraroma kuat, untuk menyamarkan aroma jengkol. Seperti bawang putih yang ditumbuk terlebih dulu, juga jahe.

10. Masak dengan api kecil

Setelah semalaman, teknik memasaknya juga harus benar, biasakan direbus dengan bumbu yang lama. Juga menggunakan api kecil, agar meresap sempurna.


Okee, itulah tips-tips agar hasil masakan dengan bahan jengkol menjadi enak, empuk, dan tidak pahit

Semoga info tipsnya bisa bermanfaat ya sobat kursus. [yl]

Ditulis oleh: Admin

Supported By:
Diib2
Metode Pembayaran
Metode
© 2019 - 2020
PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional
HEADQUARTER

Ruang Inovasi dan Inkubasi Bisnis, Gd. ILRC, Lt.2, Universitas Indonesia, Depok

Supported By:
Diib2

KURSUSKU

© 2019 - 2020   PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional