Loading...
Aneka Resep Jajanan Terbuat dari Singkong
Aneka Resep Jajanan Terbuat dari Singkong
Di post pada: 02 November 2019 21:34  -   Waktu baca: 14 menit

Halo sobat kursus, terutama yang sukaaa banget masak, dan menantikan resep-resep hidangan dan olahan dari singkong menjadi aneka jajanan yang enak dan menarik. Tidak usah berlama-lama lagi, ini dia resep jajanan yang terbuat dari singkong:

1. Kue Sentiling Singkong

Sentiling adalah salah satu jajanan Khas Semarang yang terbuat dari Singkong parut. Selain di bentuk kotak, Sentiling juga ada yang di tusuk seperti sate.

Bahan-bahan

  • 1 kg singkong, kupas & parut
  • 250 ml air kelapa / air
  • 200 g gula pasir
  • 1 bungkus agar-agar bubuk putih
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt vanili bubuk
  • pewarna makanan warna hijau, merah & kuning
  • Daun pisang, untuk alas
  • Taburan, aduk rata, kukus:
  • 200 g kelapa muda parut
  • ½ sdt garam

Langkah

  1. Campur singkong, air kelapa, gula, agar-agar, garam, dan vanili hingga rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian. Beri pewarna pada setiap adonan, aduk merata.
  2. Masukkan tiap adonan ke dalam cetakan atau bisa juga taruh di wadah tahan panas, beri alas daun pisang lalu potong-potong kotak.
  3. Kukus sentiling hingga matang selama 30 menit. Angkat lalu sisihkan dan biarkan hingga suhu ruang. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Gulingkan di atas bahan taburan hingga merata. Sajikan

2. Singkong Variasi

Bahan-bahan

  1. 1 kg singkong, diparut
  2. 200 gr gula pasir
  3. 1/2 sachet agar warna merah
  4. 1/2 sachet agar warna hijau
  5. 100 ml air hangat
  6. 50 gr mentega cair
  7. 1/2 butir kelapa diparut
  8. Sejumput garam

Langkah

  1. Campur singkong parut, gula, air hangat, mentega cair, aduk rata
  2. Bagi 2 adonan, lalu satu bagian adonan dicampur agar merah, satu lagi dicampur agar hijau
  3. Kukus selama 30 menit
  4. Kelapa tabur: kelapa parut campur dengan garam lalu kukus selama 10 menit
  5. Penyajian: potong dadu singkong yg merah & hijau, tambahkan kelapa tabur, campur rata
  6. Sajikan

3. Bingka Singkong

Bahan-bahan

  1. 500 gr singkong parut
  2. 100 gr gula halus
  3. 125 ml santan
  4. 50 gr mentega cair
  5. 1/2 sdt vanili
  6. 1/2 sdt baking soda
  7. 1/4 sdt garam

Langkah

  1. Campur singkong parut dengan vanili, baking soda dan garam. Aduk rata.
  2. Campur santan, gula pasir dan mentega cair. Aduk sampai gula larut dan tercampur rata.
  3. Tuang ke wadah singkong dan aduk hingga benar-benar rata
  4. Salin ke loyang yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung (rekomendasi pakai loyang ukuran 25 x 10)
  5. Panggang kurang lebih 1 jam. Lakukan juga tes tusuk. Angkat, dinginkan, lalu potong sesuai selera

4. Kolak Singkong

Bahan-bahan

  • 5 buah singkong ukuran sedang
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram gula merah (iris tipis agar mudah larut saat dimasaknya)
  • air secukupnya
  • 4 lembar daun pandan
  • 200 gram santan kelapa
  • garam dapur secukupnya

Langkah

  1. Potong singkong dan cuci singkong sampai bersih.
  2. Rebus singkong.
  3. Masukkan gula pasir, gula merah, dan garam dapur ke dalam rebusan singkong.
  4. Aduk rebusan singkong hingga merata dan biarkan gula meresap ke dalam singkong.
  5. Masukkan santan kelapa dan daun pandan, ke dalam rebusan singkong. Aduk-aduk rebusan sampai adonan kolak menjadi kental.
  6. Jika sudah matang, angkat rebuaan singkong dari atas kompor.
  7. Kolak singkong siap dihidangkan bersama bersama keluarga.

5. Keripik Singkong

Keripik singkong paling enak yang bentuknya tipis. Karena teksturnya yang tebal akan membuat keripik gak akan matang sempurna. Untuk membuatnya, ikuti langkah berikut:

Bahan-bahan

  • 1 kg singkong       
  • 1 sdt soda kue
  • minyak goreng secukupnya
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

Langkah

  1. Kupas dulu kulit singkong dan cuci sampai bersih.
  2. Serut singkong menjadi tipis-tipis agar mudah untuk digoreng.
  3. Rendam singkong yang sudah diserut tipis-tipis dengan air hangat dan soda kue kurang lebih selama 30 menit, lalu tiriskan.
  4. Masukkan ke dalam wadah, aduk singkong dan masukan penyedap rasa dan garam secukupnya.
  5. Goreng singkong sampai menguning terlihat matang. Angkat, lalu tiriskan.
  6. Keripik singkong siap dinikmati sambil nonton film.

6. Getuk Singkong

Makanan yang terbuat dari bahan singkong ditaburi parutan kelapa, rasanya enak dan lembut. Apalagi kalau kamu membuatnya sendiri, pasti rasanya lebih enak.

Bahan-bahan

  • 1 kg singkong
  • 300 gr gula pasir
  • garam dapur secukupnya
  • pewarna makanan secukupnya, sesuai selera

Bahan- bahan untuk taburan 

  • 2 buah kelapa (parut kelapa)
  • garam dapur halus secukupnya

Langkah

  1. Kupas kulit singkong, lalu cuci dengan air sampai benar-benar bersih.
  2. Potong singkong yang sudah dicuci bersih.
  3. Rebus singkong dalam air yang mendidih sampai benar-benar matang dan empuk, angkat, lalu dinginkan.
  4. Haluskan singkong rebus dengan cara ditumbuk.
  5. Masukkan gula pasir dan garam dapur, uleni dengan tangan sampai tercampur rata.
  6. Bagi adonan singkong menjadi beberapa bagian, beri tetesan pewarna secukupnya (sesuai selera), aduk sampai merata.
  7. Cetak adonan singkong yang sudah diberi pewarna dengan cetakan getuk, sisihkan adonan getuk
  8. Campurkan kelapa parut dengan garam, aduk hingga merata kemudian dikukus sebentar.
  9. Sajikan getuk dengan ditaburi kelapa parut. Siap dinikmati, deh.

 

Nah, gimana nih sobat kursus, udah siap belum nih buat bikin jajanan dari singkong dengan penuh semangat?!

Kami tunggu yaa kabar baiknyaa..

Salam kursus

Ditulis oleh: Admin

Supported By:
Diib2
Metode Pembayaran
Metode
© 2019 - 2020
PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional
HEADQUARTER

Ruang Inovasi dan Inkubasi Bisnis, Gd. ILRC, Lt.2, Universitas Indonesia, Depok

Supported By:
Diib2

KURSUSKU

© 2019 - 2020   PT. Aiti Inovasi Teknologi Internasional